beranda puisiku

my alert

.

Sunday 30 September 2012

my journey

 Kalian pasti kenal dengan bangunan gedung tersebut? yup benar, Gedung Merdeka terletak yang tak jauh dari Mesjid Raya Bandung tepatnya di Jl.Asia-Afrika No. 65 Bandung.  Pada tahun 1895 gedung ini bernama Sociëteit Concordia, yang berfungsi sebagai tempat rekreasi dan beristirahat orang-orang Belanda sehabis mereka bekerja dari perkebunan atau pun masyarakat yang berdomisili di sekitar pusat kota Bandung, kemudian pada tahun 1920 dan 1928 gedung direnovasi kembali sehingga dalam bentuk yang sekarang. 
Gedung ini dirancang oleh arsitek berkebangsaan belanda yaitu Van Galen Last dan C.P. Wolff Schoemaker dengan gaya art Deco (art decoration)  mereka adalah guru besar di Technische Hoogeschool te Bandoeng atau yang sekarang dikenal dengan nama ITB (Institut Teknologi Bandung). Keunikan dan keistimewaan bangunan ini adalah memiliki nilai sejarah yang tinggi dimana ditempat ini pernah menjadi tempat terselenggaranya Konferensi Asia Afrika pada tanggal 18-24 April 1955 dan acara-acara resmi lainnya. 
kemudian sebagian bangunan dari Gedung Merdeka ini dijadikan Musium KAA (Konferensi Asia Afrika), dimana di musium ini memamerkan benda-benda yang dipergunakan saat konferensi baik tiga dimensi. foto-foto (baik saat berlangsungnya KAA, perang Dunia I dan II), dan film dokumenter dll. 
musium ini dibuka untuk umum setiap hari kerja dan sekedar informasi masuk musium ini tidak dipungut biaya lho alias gratis cukup menulis dibuku tamu udah deh ^^. sudah gratis, tempatnya juga nyaman dan masih terasa suasana zaman dulunya.

 kamera yang digunakan saat konferensi, 1955
mesin Tik yang pers pada saat konferensi, 1955

kamera foto merk Leica yang digunakan saat meliput konferensi Asia Afrika, milik Inen Rusnan

para tokoh-tokoh KAA yang mewakili masing-masing negaranya.




Perang Dunia


nah itulah sedikit informasi mengenai perjalananku kali ini, terima kasih sudah menyimak.
see you....^^




No comments:

Post a Comment