beranda puisiku

my alert

.

Monday 12 March 2012

hi

hay guys...
pagi ini hujan melanda kawasan bandung selatan tepatnya di daerah baleendah ni.tak heran memang tiap kali hujan melanda daerah kawasan ini terkenal dengan sungai citarum yang selalu meluap sehingga rumah warga yang dekat dengan aliran sungai mau tak mau harus tertimpa luapan air yang tidak bisa terbendung sehingga memngakibatkan banjir.nah dalam topik ini kita akan membahas "oleh siapa ?", "bagaimana?" dan "siapa yang akan bertanggung jawab kalau sudah banjir ?".

Berbicara "oleh siapa banjir ini terjadi ?"apakah kita akan menyalahkan Pemerintah ?, atau kah masyarakat ?, atau diri kita sendiri ?. selayaknya kita sebagai warga negara yang taat pada peraturan dan warga yang mengerti akan lingkungan, selayaknya kita menyayangi lingkungan tempat tinggal kita. kita seharusnya tidak merusak lingkungan kita semata-mata karena perbuatan kita yang kita anggap itu hanya perbuatan kecil yang dampaknya memang tidak akan langsung terlihat. akan tetapi apabila hujan deras melanda, barulah akan akibatnya akan imbas tidak hanya terhadap dirinya sendiri tapi bagi orang lain dan pastinya pengguna jalan yang akan melintasi daerah baleendah tersebut.dan untuk jawabannya yaitu bagi orang-orang yang merasa suka membuang sampah ke sungai citarum.

hal yang kedua "bagaimana kita menaggulangi masalah banjir ?" sepatutnya kita sebagai khalifah di bumi kita ini kita harus bisa berterima kasih kepada alam, apabila kita perlakukan alam dengan baik tentulah alam pun  akan menghargai kita. tapi jika sebaliknya ? tentu alam pun akan memberi dampak dari apa yang telah kita perbuat.
dan yang terakhir "siapa yang akan bertanggung jawab kalau sudah terjadi banjir ?" tentunya diri kita masing -masing. kita harus mendisiplinkan diri karena kita mahluk berakal tak pantas jika kita membuang sampai ke sungai, karena sungai tempat ikan-ikan dan mahluk air lainnya hidup.tak layak kita mencemari tempat tinggal mereka karena mereka layak di budidayakan dan hidup di tempatnya.
jadi kesimpulannya marilah kita menjaga lingkungan kita karena dari alam dan alamlah yang memberikan kita kehidupan.

No comments:

Post a Comment